PEMAKAIAN KAYU MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL

Kayu dapat memainkan peran penting dalam memerangi perubahan iklim..

PEMAKAIAN KAYU MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL

Kayu dapat memainkan peran penting dalam memerangi perubahan iklim, pohon menyerap karbon dioksida dari atmosfer ketika tumbuh. Karbon akan selamanya terkunci di dalam kayu selama kita tidak menghancurkannya..

Memproduksi produk kayu hanya menghasilkan sebagian kecil dari emisi karbon dibandingkan dengan bahan pengganti seperti baja , aluminium , Plastik dan beton. Bahkan daur ulang bahan pengganti masih menghasilkan karbon lebih banyak daripada produk kayu..



Di Indonesia penebangan kayu perkebunan tidak harus menggunakan alat berat, kayu diameter kecil biasanya dipotong pendek saja, dan bisa menggunakan tenaga manusia untuk memindahkannya. Ini adalah penurunan yang signifikan dalam emisi karbon. Penanaman, pemeliharaan dan pemanenan aktivitas juga dapat menyediakan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan.

Penduduk desa bisa menanam pohon di lahan kosong mereka bahkan disekitar rumah mereka. Ini bisa membuka area untuk menanam pohon yang sebelumnya dikenal sebagai "tanah yang dilupakan". Dalam pemetaan yang resmi daerah tersebut adalah desa biasa, padahal memiliki potensi yang kumulatif untuk jutaan hektar lahan yang kurang dimanfaatkan yang dapat beralih ke perkebunan kayu yang berbasis masyarakat.

Kayu bisa memainkan peran penting dalam memerangi perubahan iklim, pohon dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer ketika tumbuh. Karbon akan selamanya terkunci di dalam kayu selama kita tidak menghancurkannya.



Memproduksi produk kayu hanya menghasilkan sebagian kecil dari emisi karbon dibandingkan dengan bahan pengganti sebagai baja, aluminium, Plastik dan beton. Efek dan jejak carbon ketika pohon adalah tumbuh negatif.

Bahkan proses daur ulang bahan pengganti masih menghasilkan jejak karbon lebih banyak daripada produk kayu. Penggunaan kayu perkebunan memberikan sinyal kuat ke pasar bahwa menanam pohon adalah bisnis yang baik. Ini berarti akan lebih banyak karbon akan diserap dari atmosfer oleh pohon.

Menggunakan teknologi pengolahan terbaru, kayu perkebunan bisa menggantikan pertumbuhan kayu hutan alam tua yang secara drastis dapat mengurangi eksploitasi hutan alam yang berarti ini adalah berita baik untuk pencegahan pemanasan global.